Pulau Damar (Gura Ma Ngofa)

pulau damar

Bukan berarti nama pulau ini Damar lalu ada banyak damar disini. Damar hanyalah sebuah nama dan tidak ada hubungannya dengan isi pulau maupun sejarah pulau ini. Warga setempat mempercayai dulunya pulau ini adalah kapal perang yang kandas di karang (kapal yang dikalahkan oleh Saiya), lalu seiring berjalannya waktu kapal tersebut menjadi batu dan menjadi sebuah pulau. Karena jika dilihat dari Susupu Kecamatan Sahu, memang pulau ini terlihat seperti kapal yang sedang berlayar di atas lautan. Disamping pulau juga ada karang menyerupai perahu kecil, dipercaya karang tersebut adalah sekoci milik kapal perang tersebut.

Pulau ini terletak di dekat Desa Idamdehe Gamsungi, namun untuk menuju kesana harus menggunakan perahu. Jalur yang paling dekat adalah dari Pantai Ubo-ubo. Beberapa hari yang lalu kami mencoba perjalanan kesana. Menggunakan perahu dayung untuk menuju kesana dan dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Yang spesial adalah perjalanan menuju ke Pulau Damar.

Sungguh perjalanan yang tak terlupakan. Bayangkan saja, sepanjang perjalanan kita bisa melihat air bening berwarna biru tepat di sisi kanan dan kiri kita. Langsung bisa melihat karang-karang nan indah di bawah laut. Pepohonan hijau dan batu-batu besar di sepanjang pulau. Juga gunung gunung di Jailolo dan Ternate.

Saat sampai di Pulau Damar, pengunjung bisa naik ke atas pulau, namun harus hati-hati, karena tidak ada pantai di pula ini, namun hanya tebing batu. Saat sampai di atas pulau perjalanan anda akan berada pada puncaknya. Bisa anda lihat dengan jelas karang-karang besar di bawah lautan, benar-benar indah. Kalu sudah sampai Jailolo, Halmahera Barat, sepertinya ini adalah wisata wajib bagi anda semua. Setelah menikmati indahnya Pantai Ubo-ubo, dilanjutkan perjalanan ke Pulau Damar.

Mungkin bagi anda yang berminat, anda bisa menghubungi kepala desa Desa Idamdehe Gamsungi, beliau akan mengkoordinasi warga untuk mengantar anda ke Pulau Damar. Anda juga bisa meminta paket makan ikan segar yang dipancing dilaut dan akan langsung dibakar di tepi pantai. Untuk biaya bisa di nego dengan Kepala Desa, tapi dijamin murah dan gak bakal rugi!

Untuk foto-foto yang lebih banyak bisa dilihat di post berikut:

Keindahan Pulau Damar (Galeri Foto)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s